ads
Tips Jadikan Anak Rajin Membaca Buku

Tips Jadikan Anak Rajin Membaca Buku

Smallest Font
Largest Font

Beritadata - Jika Anda ingin menjadikan anak Anda rajin membaca, beberapa hal yang sangat penting adalah mempertahankan rutinitas membaca dengan anak Anda. Setelah semua, ini akan membantu membangun ketahanan membaca dan kecintaan terhadap buku seumur hidup! Dengan beberapa langkah kecil yang mudah, Anda bisa mengubah membaca menjadi salah satu kegiatan favorit Anak Anda tahun ini.

Berikut lima tips untuk mendorong rutinitas membaca di rumah yang tidak hanya bermanfaat untuk anak Anda dalam semua mata pelajaran, tetapi juga memperkenalkan kembali kegembiraan membaca untuk kesenangan mereka sendiri.

Buat Ruang Membaca

Hal pertama yang perlu diingat saat menciptakan rutinitas membaca untuk anak Anda. Tentukan sudut khusus di rumah yang hanya digunakan untuk membaca.

"Bantu anak Anda menemukan dan menciptakan tempat khusus di mana mereka akan ingin membaca. Tanyakan kepada mereka apa yang cocok untuk mereka. Bantu mereka menata ruang itu dan jadikan milik mereka sendiri. Apakah ada boneka binatang khusus sebagai teman membaca, atau selimut atau topi khusus yang digunakan saat membaca?" kata Karen Burke, Wakil Presiden Senior Inisiatif Strategis dan Pembelajaran Adaptif di Scholastic Education. 

Detail kecil seperti ini akan membuat ruang tersebut lebih mengundang untuk meringkuk dengan buku yang bagus.

Tetapkan Jadwal

Membuat jadwal tetap untuk membaca akan membuat anak Anda ingin membaca sendiri.

"Bekerjalah dengan anak Anda untuk menetapkan waktu khusus setiap malam yang mendukung rutinitas teratur di mana tidak ada hal lain yang dijadwalkan," kata Burke.

Ingatlah bahwa ini tidak harus kaku. Sebaliknya, ini bisa menjadi bentuk waktu keluarga yang santai.

"Luangkan waktu untuk membaca bersama anak Anda, bahkan jika Anda hanya membaca buku Anda sendiri di seberang ruangan satu sama lain. Salah satu hal terpenting yang bisa Anda lakukan adalah mencontohkan perilaku membaca yang baik. Matikan TV, simpan ponsel, dan habiskan waktu berkualitas dengan buku. Anak Anda akan melihat bahwa buku menawarkan kenikmatan tersendiri," kata Katie Carella, mantan guru dan Editor Eksekutif di Scholastic yang mengawasi seri buku Acorn dan Branches untuk pembaca awal.

Gunakan Kalender

Burke juga menyarankan menggunakan bantuan visual agar anak Anda bisa melihat kemajuan mereka dengan kalender.

"Menggunakan kalender di mana anak dapat mendokumentasikan jumlah menit dan hari mereka membaca dapat membuatnya lebih visual bagi mereka. Bacalah bersama anak Anda setidaknya satu malam seminggu di tempat khusus yang telah dibuat anak Anda," terangnya.

Bahas Kegiatan Membaca

Duduk bersama saat makan dan berdiskusi dengan penuh semangat tentang buku yang sedang dibaca anak Anda juga akan menambah kegembiraan dalam rutinitas membaca mereka. Atau, lebih baik lagi, gunakan waktu itu untuk membaca lebih banyak bersama-sama.

"Cara lain untuk mendukung membaca anak Anda adalah dengan berbicara dengan mereka tentang apa yang mereka baca, sehingga kalian berdua bisa terhubung melalui buku. Ini juga bisa menjadi cara yang baik untuk menilai pemahaman membaca mereka dengan lembut. Kuncinya adalah mendiskusikan buku dengan cara yang terasa alami dan percakapan, bukan seperti kuis," tutur Carella.

Biarkan Anak Memilih

Memiliki pilihan adalah salah satu cara paling efektif untuk membuat anak Anda ingin membaca lebih banyak sendiri.

"Hal yang paling penting adalah membuat anak-anak bersemangat tentang membaca, dan itu terjadi ketika mereka didorong untuk memilih buku mereka sendiri. Dan semua pilihan buku adalah pilihan buku yang baik karena ketika seorang anak memilih sebuah buku, itu berarti mereka ingin membacanya," ungkap Carella.

Faktanya, 89% anak-anak lebih suka buku yang mereka pilih, menurut Laporan Membaca Anak & Keluarga Scholastic. Dan jangan terlalu khawatir tentang tingkat kesulitan membaca. 

"Jika buku itu terlalu mudah, anak Anda akan memperoleh kelancaran dan ketahanan membaca saat mereka membacanya dengan cepat. Semakin banyak anak membaca, semakin cepat mereka membaca dan semakin banyak kosa kata yang mereka temui. Ini adalah siklus pertumbuhan membaca yang luar biasa yang terjadi," pungkasnya.

Tim Editor
Daisy Floren

Apa Reaksi Kamu?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow
ads
ads
ads