ads
Beasiswa LPDP: Tips Lolos Saat Mendaftar

Beasiswa LPDP: Tips Lolos Saat Mendaftar

Smallest Font
Largest Font

Beritadata - Menjelang tahun ajaran baru, biasanya pendaftaran untuk program Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dibuka. Agar bisa berhasil mendapatkan beasiswa ini, ada beberapa strategi yang perlu diketahui.

Dalam acara Sosialisasi Beasiswa LPDP Batch 2 yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Senior Executive Secretary di LPDP Kementerian Keuangan RI, Tri Susilo, bersama beberapa penerima beasiswa LPDP, berbagi tips dan trik kepada para calon pelamar.

"Kami di sini memfasilitasi mahasiswa calon penerima LPDP. Ini semata-mata untuk membantu agar teman-teman bisa mengetahui kebijakan dan tips serta trik untuk lolos beasiswa LPDP," kata Fajar, Pembina LPDP Unesa, seperti dikutip dari laman kampus.

Mengenal Beasiswa LPDP

Langkah pertama yang harus dilakukan oleh pelamar adalah memahami apa itu beasiswa LPDP. Selain itu, penting untuk mengetahui berbagai jenis beasiswa LPDP serta peringkat eligibilitasnya.

"Pertama, kenali apa itu LPDP, pahami jenis-jenis beasiswanya, dan ketahui peringkat eligibilitasnya. Pahami juga bahwa banyak orang di luar sana yang berjuang lebih keras daripada kalian. Jadi, pastikan perjuangan kalian lebih keras daripada mereka," ujar Tri.

Pelamar juga perlu mengetahui secara rinci syarat-syarat sesuai jenis beasiswa yang dipilih. Informasi lengkap mengenai syarat-syarat tersebut bisa dilihat di laman resmi LPDP. Pastikan semua syarat dan dokumen telah dipersiapkan untuk mempercepat proses pendaftaran.

Mengikuti Jadwal Pendaftaran

Tri menekankan pentingnya memperhatikan jadwal pendaftaran, karena banyak pelamar yang seringkali melewatkan batas waktu, sehingga pada akhirnya banyak yang gagal lantaran terlambat atau melampaui batas waktu pendaftaran yang telah ditentukan. Ia mengimbau pelamar untuk mencatat tanggal pendaftaran hingga pengumuman hasil seleksi.

"Jangan mendaftar di hari terakhir sebelum deadline, karena bisa saja ada berkas yang kurang dan pendaftaran sudah ditutup," katanya.

Sebagai informasi, untuk tahun 2024, pendaftaran program beasiswa LPDP Gelombang 2 dibuka mulai 19 Juni sampai dengan tanggal 18 Juli 2024.

Manajemen Waktu untuk Tes dan Wawancara

Salah satu kunci keberhasilan mendapatkan beasiswa LPDP adalah kemampuan manajemen waktu, terutama saat mengunggah berkas, mengikuti tes skolastik, dan wawancara.

"Jika manajemen waktu kalian tidak bagus saat administrasi, kalian akan mengalami kesalahan. Selalu pikirkan kapan akan melakukan sesuatu, seperti kapan mengunggah esai atau berkas lainnya," kata Tri seperti mengutip dari Detiknews.

Peserta juga diajak untuk lebih giat berlatih soal, seperti halnya ketika mengikuti ujian kelulusan di sekolah. Belajar menjadi penting agar dapat mengenali jenis materi yang mungkin akan keluar di soal nantinya.

"Saat tes skolastik, jangan merasa terlalu percaya diri. Kalian harus terus belajar dan berlatih. Orang yang merasa pintar tetapi tidak belajar dan tidak berlatih akan gagal," tegasnya.

"Sedangkan ketika ikut dalam tes wawancara, persiapkan dengan matang apa yang sudah kalian pelajari. Jangan gugup, jadilah diri sendiri," tambahnya.

Menjelaskan Latar Belakang Diri dengan Detail

Menurut Fauzan Atsari, seorang penerima beasiswa LPDP, pelamar harus fokus saat wawancara dan mampu mendeskripsikan diri serta rencana penelitian jika diterima ke depannya.

"Pertanyaan wawancara tergantung pada seleksi berkas. Pewawancara cenderung menanyakan tentang berbagai hal yang terkait dengan penelitian yang akan difokuskan. Namun, pewawancara juga bisa menanyakan hal lain," ujarnya.

"Saat wawancara, latar belakang diri akan digali lebih dalam dari CV yang telah disubmit. Jadi, pastikan kalian mempersiapkan diri dengan baik dan tetap konsisten dengan CV yang sudah disubmit," lanjutnya.

Tim Editor
Daisy Floren

Apa Reaksi Kamu?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow
ads
ads
ads